Tutorial lengkap bermain pokemon crystal gold silver bahasa indonesia

NEW BARK TOWN
- game dimulai
- setelah mendapatkan pokegear dari mamamu,pergi ke laboratorium prof.elm
- bicaralah sama prof.elm
- pilih starter pokemon
- prof.elm akan memintamu untuk mengunjungi rumah mr.pokemon
- sebelum keluar lab,kamu akan di beri nomor telepon mr.pokemon dan potion
- menuju route 29

ROUTE 29
- pada hari selasa tuscany akan muncul di route 29,jika kamu menyapanya,dia akan memberikanmu PINK BOW(meningkatkan kekuatan serangan jenis normal)

CHERRYGROVE CITY
- bicaralah sama orang tua di ujung jalan,dia akan memberikan JOHTO MAP.

ROUTE 30 - 31
- masuklah ke sebuah rumah di route 30 dan bicara sama orang di dalamnya,dia akan memberi BERRY. BERRY juga bisa di dapatkan di samping rumah tersebut.
- lanjutkan perjalanan lewat sebelah timur dan kamu akan menemukan rumah mr.pokemon. Disana kamu akan di beri MYSTERY EGG dan POKEDEX.
- kembali ke laboratorium prof.elm untuk memberikan MYSTERY EGG
- di tengah perjalanan pulang kamu akan bertemu rivalmu.
- setelah menyerahkan MYSTERY EGG kepada prof.elm,salah seorang di lab akan memberimu 5 POKEBALL
- kembali ke rumah dan bicara pada mamamu agar uangnya disimpan.
- lanjutkan perjalan ke Violet city

VIOLET CITY
- pergi ke spout tower dan bertarung dengan Sage LI. Setelah bertarung dia akan memberimu HM05 - FLASH. Berikan Flash tsb pada salah satu pokemonmu.
- pergi ke gym dan kalahkan Flakner, kamu akan mendapatkan $900, TM31 - MUD SLAP dan ZEPHYR BADGE
- pergi ke PokeCenter untuk mengambil Mystery egg
- rumah di pojok kiri akan menawari pertukaran pokemon ONIX jika kamu punya bellsprout
- lanjutkan perjalanan menuju ke RUIN OF ALPH

RUIN OF ALPH
- masuk ke goa pertama dan susunlah puzzle kabuto. Jika berhasil menyusun puzzle kabuto,kamu akan jatuh ke ruangan unown, tangkaplah 3 unown(bentuknya harus berbeda2). untuk puzzlenya silahkan lihat dibawah ini:
1. puzzle kabuto
2. puzzle aerodactyl
3. puzzle hooh
4. puzzle omanyte
- pergi ke ALP LAB, pokedexmu akan di upgrade oleh profesor di alp lab.
- di ruin of alp kamu bisa mendapatkan mystery gift,caranya di bawah ini:
1. puzzle kabuto,gunakan escape rope trus masuk lagi ke dalam goanya, ntar lubangnya akan kebuka. Mystery gift yg akan kamu dapatkan antara lain berry,healpowder,energypowder dan psncureberry.
2. puzzle aerodacyl, akan kebuka jika kamu menggunakan FLASH. itemnya ada gold berry,moonstone,energyroot dan heal powder.
3. puzzle hooh,akan kebuka jika menempatkan hooh paling atas di party pack. itemnya ada revival herb,charcoal.mysteryberry, dan gold berry.
4. puzzle omanyte, akan kebuka jika salah satu pokemon di party memegang water stone. itemnya ada mistic water,mysterybery,starpiece dan stardust.
- lanjutkan perjalan menuju ke ROUTE 32

ROUTE 32
- pergi ke pokeCenter dan bicara sama fishing guru,dia akan memberimu OLD ROD.
- lanjutkan perjalanan ke UNION CAVE

UNION CAVE
- di sini kamu bisa mendapatkan TM39 - SWIFT.
- lapras akan muncul di union cave pada hari jum'at malam.
- jika kamu nanti sudah mendapatkan CUT di ilex forest,pergi ke sini lagi dan bicara sama salah seorang di union cave,dia akan memberimu TM05 - ROAR.
- lanjutkan perjalanan ke ROUTE 33

ROUTE 33
- pada hari jum'at,FRIEDA akan muncul di sini dan akan memberimu POISON BARB(meningkatkan serangan jenis poison).
- lanjutkan perjalanan menuju azela town

AZELA TOWN
- pergi ke rumah old kurt,maka kamu akan di ajak ke slowpoke well. Kalahkan team rocket. jika kamu nanti sudah mendapatkan STRENGTH,pergilah ke slowpoke well lagi,disana kamu bisa mendapatkan KING'S ROCK dan TM18 - RAIN DANCE.
- setelah mengalahkan team rocket,pergi lagi ke rumah kurt,dia akan memberimu LURE BALL
- pergi ke gym dan kalahkan Bugsy,kamu akan mendapatkan $1.600, HIVE BADGE dan TM49 - FURRY CUTTER
- ketika akan meninggalkan azela town,kamu akan bertemu rivalmu dan menantangmu bertarung. Jika menang kamu akan mendapatkan $960
- disini MUNGKIN mystery egg akan menetas dan menjadi togepi, jika kamu sudah punya FLY,pergilah ke Laboratorium prof.elm untuk memperlihatkan togepi,kamu akan di berikan EVERSTONE.
- lanjutkan perjalanan ke ilex forest

ILEX FOREST
- bantulah seseorang disitu untuk mencari burung. Caranya,pergi ke sbelah kanan dan kamu akan menemukan burung tsb. Dekati burung tsb dan klik A,ulangi langkah ini sampai burung tsb menuju ke orang tadi. Sebagai tanda terima kasih,orang tsb akan memberimu HM01 - CUT. Ajarkan cut pada salah satu pokemonmu untuk memotong pohon yg menghalangi jalan.
- lanjutkan perjalanan ke utara, sampai ada seseorang yg akan memberi TM02 - HEADBUTT.
- setelah keluar dari ilex forest,bicaralah sama cewek di samping butterfree,dia akan memberimu TM12 - SWEET SCENT
- lanjutkan perjalanan menuju route 34

ROUTE 34
- disini kamu akan menemukan rumah DAY CARE CENTER untuk mengawinkan pokemon, bicaralah sama kakek,dia akan memberimu telur yg kelak akan menetas jadi elekid/smoochum/cleffa/igglybuff/pichu/magby/togepi/tyrogue. 50% kemungkinan pokemon yg menetas akan menjadi shiny(bersinar).
- kalahkan semua trainer yg ada disini,dan jika kamu sudah mendapatkan HM SURF,surf ke sungai sebelah kiri dan jalan ke selatan,disitu ada 3 wanita yg akan memberimu SOFT SAND(meningkatkan serangan jenis rock)
- lanjutkan perjalanan menuju golden rod city

GOLDEN ROD CITY
- pergi ke ruang bawah tanah departemen store pake lift dan kamu akan menemukan beberapa item yg terhalang tembok. Untuk menghilangkan tembok tsb,pergi ke lantai dua lawat tangga,kemudian pergi ke ruang bawah tanah pakai lift di lantai 2,maka salah satu tembok akan terbuka..gunakan cara yg sama untuk lantai 3,4 dan 5.
- pergy ke gym dan kalahkan Whitney,dia akan memberimu $2000 dan TM45 - ATTRACT. Untuk mendapatkan PLAIN BADGE, bicara dulu sama cewek di selatannya whitney,kemudian bicara lg sama whitney,maka dia akan memberimu badge.
- pergilah ke radio tower. Untuk mendapatkan RADIO CARD,kamu harus menjawab 5 pertanyaan(yes,yes,no,yes,no). Pergi ke lantai 2 dan bicara sama cewek disitu,kamu akan di beri BLUE CARD.
- pergi ke toko sepeda untuk mendapatkan sepeda.
- pergi ke underground,kamu akan mendapatkan COIN CASE.
- pada hari minggu di lantai 5 departemen store muncul cewek yg akan memberimu TM27 - RETURN atau TM21 - FRUSTRATION. TM yg di berikan tergantung tingkat happiness pokemon paling atas di partymu.
- lanjutkan perjalan menuju national park

NATIONAL PARK
- sebelum memasuki national park, kamu akan menemukan TM04 - ROLLOUT
- Bug catching contes di adakan pada hari selasa,kamis dan sabtu. Jika kamu menang di kontes ini,kamu akan mendapatkan SUN STONE.
- bicara sama cewek yg duduk sama pokemonnya,kamu akan di beri QUICK CLAW
- di luar national park,kamu akan menemukan TM28 - DIG.
- lanjutkan perjalanan menuju rute 36 dan 37

ROUTE 36 DAN 37
- disini kamu akan menemukan SUDOWOODO yang menghalangi jalan. Untuk menangkap sudowoodo kamu harus punya SQUIRTBOTTLE. caranya,bicara sama cewek di deket sudowoodo,maka dia akan kembali ke toko bunga(golden rod city). Pergilah ke toko bunga tsb dan bicara pada cewek tadi. kemudian pergi ke gym dan bicara pada cewek yg ada di selatannya whitney. Kemudian kembalilah ke toko bunga dan bicara sama cewek di dalamnya,dia akan memberikan squirtbottle. Pergi ke sudowoodo dan berikan squirtbottle padanya,maka dia akan bertarung denganmu. Usahakan untuk menangkapnya karena sodowoodo cuma ada satu.
- TM22 - SOLAR BEAM dapat di temukan di route 27 jika kamu sudah mempunyai WHIRLPOOL.
- bicaralah sama orang gendut,dia akan memberimu TM08 - ROCK SMASH. ajarkan rock smash pada salah satu pokemonmu
- pada hari kamis,di dekat orang gendut tsb ARTHUR akan muncul dan memberimu HARD STONE
- sedangkan pada hari hari minggu,Sunny akan muncul dan memberimu MAGNET
- di jembatan penghubung antara golden rod city dan national park,disitu ada seorang petugas yg meminta tolong mengantarkan spearow ke orang di route 31. Dia akan memberimu TM50 - NIGHMARE. Kemudian kembalilah ke petugas tadi dan dia akan memberimu HP UP.
- lanjutkan perjalanan menuju ecruteak city

ECRUTEAK CITY
- pergi ke pokecenter dan kamu akan bertemu bill. Setelah bill pergi,jika kamu mengunjungi rumah bill di golden rod city,dia akan memberimu EEVEE.
- pergi ke gym, disini kamu harus berjalan zig-zag agar bisa sampai ke Morthy,lebih jelasnya silahkan lihat screenshotnya disini . Kalahkan morthy dan kamu akan mendapatkan $2.300, FOG BADGE dan TM30 - SHADOW BALL
- pergi ke rumah kimono dan bicara sama orang bertopi,dia akan memintamu untuk mengalahkan semua penari kimono. Jika sudah mengalahkan semuanya,bicara lg sama orang bertopi,dia akan memberimu HM03 - SURF. ajarkan surf pada salah satu pokemonmu.
- pergi ke burned tower,disini kamu akan bertemu 3 anjing legendaris. Tapi kamu masih belum bisa menangkapnya.
- pergi ke salah satu rumah yg di dalamnya ada orang yg akan memberimu ITEM FINDER.
- di versi gold dan silver ketiga anjing legendaris bisa di tanfkap di rerumputan seluruh johto,namun di versi crystal raikou dan entei bisa di tangkap di seluruh rerumputan johto,sedangkan suicune bisa di tangkap di tin tower setelah kamu mendapatkan clear bell.
- TM20 - ENDURE jg bisa di dapatkan disini dg memindahkan batu dengan strenght
- lanjutkan perjalanan menuju route 38 dan 39

ROUTE 38 dan 39
- pergi ke Milktank farm, jika kamu memberikan 7 berry ke milktank yg sedang sakit, pemiliknya akan memberimu TM13 - SNORE
- lanjutkan perjalanan menuju olivine city

OLIVINE CITY
- pergi ke salah satu rumah di dekat pokecenter,orang di dalamnya akan memberimu HM04 - STRENGTH. ajarkan strength pada salah satu pokemonmu.
- pergi juga ke rumah fishing guru untuk mendapatkan GOOD ROD
- pada hari senin, monica akan muncul disini dan akan memberimu SHARP BEAK
- orang di salah satu rumah juga akan menawarimu pertukaran pokemon voltrob ke crabby.
- pergi ke GLITTER LIGHTHOUSE,kamu akan menemukan TM34 - SWAGGER. Terus naik ke lantai atas sampai kamu bertemu gym leader jasmine. Dia akan memintamu untuk mengambilkan obat di cianwood city.
- lanjutkan perjalanan menuju cianwood city

CIANWOOD CITY
- gunakan surf untuk menuju cianwood city.
- pergi ke gym dan kalahkan Chuck. Kamu akan mendapatkan $3000, TM01 - DYNAMIC PUNCH dan THUNDER BADGE.
- bicaralah sama cewek di selatan gym,dia akan memberimu HM02 - FLY. Sekarang kamu bisa terbang setelah mengajarkannya pada salah satu pokemonmu.
- masuk ke sebuah rumah dimana kamu akan mendapatkan SHUCKLE
- masuk juga ke sebuah rumah dimana kamu akan mendapatkan SCREET POTION untuk diberikan kepada jasmine.
- di versi crystal kamu akan bertemu suicune dan akan di tantang bertarung oleh Euisine jika kamu berjalan ke ujung sebelah utara.
- melanjutkan perjalanan kembali ke olivine city. Biar lebih cepat,gunakan FLY.

OLIVINE CITY
- pergi ke lighthouse dan berikan screet potion kepada jasmine. Maka dia akan kembali ke gym.
- pergi ke gym dan kalahkan jasmine,kamu akan mendapatkan $3500, TM23 - IRON TAIL dan MINERAL BADGE.
- lanjutkan perjalanan menuju ecruteak city lagi dan di lanjut menuju mt.mortar

MT.MORTAR
- telusuri guanya,maka kamu bisa mendapatkan DRAGON SCALE, TM40 - DEFENSE CURLD dan item2 lainnya.
- jika kamu masuk dari pintu tengah dan menelusuri goa sampai ujung,disitu ada ahli karate yg akan memberimu TYROGUE setelah mengalahkannya. lebih jelasnya silahkan lihat sceenshotnya disini
- lanjutkan perjalanan menuju mahogany town

MAHOGANY TOWN
- kita tinggalkan dulu mahogany town dan melanjutkan perjalanan ke lake of rage

LAKE OF RAGE
- pergi ke sebelah kiri,disitu ada rumah tersembunyi yg di dalamnya ada orang yg akan memberimu TM10 - HIDEN POWER.
- pada hari rabu,di dekat rumah tsb akan muncul Wesley yg akan memberimu BLACKBELT.
- kembalilah ke danau dan berjalan ke utara,kamu akan menemukan TM43 - DETECT
- surf ke arah gyarados merah dan klik A,maka kamu akan bertarung dg gyarados. Gyarados merah(shiny) hanya ada 1..jadi harus di tangkap. Setelah menangkap gyarados kamu akan mendapatkan RED SCALE, fly ke rumah mr.pokemon untuk menukarkan red scale ke EXPERIENCE SHARE,item ini beguna untuk membagi exp yg di dapat setelah selesai bertarung kepada pokemon yg memegang experience share.
- setelah menangkap gyarados kamu akan bertemu Lance dulu dan dia memintamu untuk membantu mengalahkan team rocket di mahogany town.
- sekarang pergi ke mahogany town dan masuk ke sebuah rumah dimana kamu akan bertemu lagi dengan Lance. Kalahkan semua team rocket,di lantai ke 3. kamu akan membutuhkan 2 password yg bisa didapatkan dengan bicara sama team rocket setelah kamu mengalahkannya. Setelah pintu terbuka,kalahkan rocket executif,kemudian bicaralah sama murkrow,dia akan memberimu password untuk membuka pintu di lantai 2. Pergi ke lantai 2 dan buka pintunya. Disana kamu harus mengalahkan electrode,setelah itu Lance akan memberimu HM06 - WHIRLPOOL. ajarkan whirlpool pada salah satu pokemonmu.
- setelah mengalahkan team rocket,pergi ke jembatan penghubung antara mahogany town dengan lake of rage,petugas di dalamnya akan memberimu TM36 - SLUDGE BOMB
- pergi ke gym,,untuk sampai ke gym leader Pryce,kamu harus memulai langkahmu di sebelah kiri tugu pokeball. Setelah mengalahkan Pryce kamu akan mendapatkan $3.100, GLACIER BADGE dan TM16 - ICY WIND.
- setelah mengalahkan gym leader,prof.elm akan meneleponmu dan memintamu untuk pergi ke radio tower golden rod city,karena radio tower sedang di bajak team rocket.
- Fly ke golden rod city dan pergi ke radio tower.

RADIO TOWER
- kalahkan semua team rocket dan kalahkan juga rocket executif di lantai paling atas,dia akan memberimu kunci untuk membuka pintu sebuah ruangan di underground tunnel. Pergi ke underground dan masuk ke ruangan tsb. Untuk membuka tembok di ruangan tsb kamu harus menekan panel secara urut,yaitu panel 3,kemudian panel 2 dan terakhir panel 1. Maka tembok akan terbuka. Temui direktur dan dia akan memberimu CART KEY untuk membuka pintu di lantai 3. di versi crystal,Setelah mengalahkan semua team rocket,direktur tadi akan menemuimu dan memberimu CLEAR BELL(untuk menangkap suicune), namun di versi gold kamu akan mendapat RAINBOW WING(untuk menangkap hooh) dan di versi silver kamu akan mendapat SILVER WING(untuk menangkap lugia)
- sebelum meninggalkan radio tower,bicara dulu sama 2 cewek yg ada di radio tower dan dia akan memberimu PINK BOW dan TM11 - SUNNY DAY.
- lanjutkan perjalanan menuju mahogany town dan dilanjutkan menuju ice path.

ICE PATH
- disini kamu akan menemukan HM07 - WATERFALL dan TM44 - REST.
- setelah melewati ice path kamu akan sampai di blackthorn city

BLACKTHORN CITY
- pada hari sabtu Santos akan muncul disini dan kamu akan di berikan SPELL TAG
- pergi ke gym,masukkan batu2nya ke lubang(satu lubang=satu batu) kemudian kalahkan Clair,kamu akan mendapatkan $4000. Untuk mendapatkan badge,surf ke belakang gym dan kamu akan berada di dragons den

DRAGON'S DEN
- pergi ke DRAGON'S SHRINE,disini kamu akan mendapatkan DRAGON FANG
- setelah mendapatkan dragon fang,clair akan memberimu RISING BADGE dan TM24 - DRAGONBREATH setelah kamu menjawab beberapa pertanyaan. Dan sekarang kamu sudah mempunyai semua badge untuk kawasan johto...SELAMAT...
- di versi crystal, jika kamu keluar dari dragons shrine dan masuk lagi,bicara sama kakek dan kamu akan diberi dratini.
- setelah keluar dari dragons den,prof.elm akan meneleponmu supaya kamu datang ke laboratorium.
- lanjutkan perjalan menuju laboratorium lewat route 45 dan 46.

ROUTE 45 dan 46
- disini kamu akan menemukan beberapa item dan para trainer yg akan mengajakmu bertarung.
- lanjutkan perjalanan menuju laboratorium

LABORATORIUM
- bicaralah pada prof.elm,dia akan memberimu MASTER BALL.
- lanjutkan perjalan dengan fly menuju tin tower di ecruteak city

TIN TOWER
- disini kamu bisa menangkap suicune,karena kamu sudah punya clear bell.
- setelah menangkap suicune,fly lagi ke new bark town

NEW BARK TOWN
- surf ke timur,disana ada seseorang yg akan memberimu KANTO MAP.
- lanjutkan perjalanan ke timur menuju tohjo fall

TOHJO FALL
- di sini kamu akan menemukan MOON STONE
- surf terus sampai kamu menemukan pintu keluar di route 26 dan 27

ROUTE 26 dan 27
- masuk ke rumah di route 26 dan bicara sama orang di dalamnya,kamu akan di berikan TM37 - SANDSTORM
- surf lagi di jembatan route 27 dan kamu akan menemukan TM22 - SOLAR BEAM
- lanjutkan perjalanan ke utara menuju victory road

VICTORY ROAD
- telusuri victory road dan kamu akan menemukan TM26 - EARTHQUAKE
- lanjutkan perjalanan ke utara dan menuju indigo plateau untuk mengikuti pokemon league.

INDIGO PLATEAU
- sebelum menghadapi elite four,usahakan 6 pokemon di partymu sudah berlevel 50. Beli item2 penyembuhan seperti revive,max revive,max potion,dll.
- sekarang waktunya untuk menghadapi elite four

ELITE FOUR
- setelah berhasil mengalahkan elite four,di final kamu akan berhadapan dengan Lance..hati2,pokemon2nya lumayan kuat.
- setelah berhasil mengalahkan lance,pokemonmu akan di masukkan ke HALL OF FRAME
- THE END

=JOHTO REGION SELESAI=

>>lanjut ke kanto region........

- klik "continue"
- pergi ke laboratorium dan bicara sama prof.elm,kamu akan di berikan SS AQUA TICKET.
- sekarang fly ke olivine city dan pergi ke pelabuhan.
- ketika kamu masuk ke kapal,kamu akan di minta untuk mencari anak kecil,tapi sebelum mencarinya,kalahkan dulu setiap trainer di setiap ruangan yang ada di kapal.
- ketika kamu akan lewat di lantai 2,kamu akan di halangi seorang angkatan laut dan kamu di minta untuk mencari temannya..sekarang kembali kembalilah dan cari angkatan laut yg dimaksudkan itu di salah satu ruangan di lantai 1.
- kalau sudah,sekarang kamu bisa lewat,,kamu akan menemukan anak kecil yg hilang tersebut di ruangan kapten. Setelah mengembalikan anak kecil tsb kakek akan memberimu METAL COAT.
- keluar dari kapal dan kamu akan sampai dh vermilion city

VERMILION CITY
- pergi ke gym dan kalahkan Lt.surge,kamu akan mendapatkan $4600 dan THUNDER BADGE
- lanjutkan perjalanan menuju safron city

SAFRON CITY
- pergi ke rumah Mr.psychic dan kamu akan di beri TM29 - PSYCHIC
- pergi ke gym,,untuk sampai ke gym leader Sabrina..jalan aja lurus ke kiri atau ke kanan. Kalahkan Sabrina dan kamu akan mendapatkan $4800 dan MARSH BADGE
- pergi ke rumah Dojo dan kamu akan menemukan FOCUS BAND
- pergi ke Sliph Co dan kamu akan di beri UP-GRADE
- lanjutkan perjalanan menuju cerulean city

CERULEAN CHTY
- lanjutkankan perjalanan menuju akhir route 9,surf ke selatan dan kamu akan berada di power plant.

POWER PLANT
- bicaralah sama menejer,dia akan memintamu untuk mencari bagian mesin yg hilang.
- sekarang waktunya kembali lagi ke cerulean untuk mencari mesinnya

CERULEAN CITY
- pergi ke gym,kamu akan bertemu team rocket..setelah team rocket pergi,pergi ke utara sampai kamu menemukan team rocket tsb,bicara padanya dan kamu akan di tantang bertarung. Setelah mengalahkannya,kembali ke gym untuk mencari mesin. Mesin berada di jembatan di dalam gym. Agar lebih jelas,gunakan item finder. Setelah menemukan mesinnya,kembalilah ke power plant dan berikan mesin tersebut pada menejer dan kamu akan di beri TM07 - ZAP CANNON. Sekarang maghnet train sudah bisa di gunakan. Maghnet train adalah alat transportasi yg menghubungkan antara johto dan kanto. Untuk bisa menggunakannya kamu harus punya tiket..untuk mendapatkan tike,pergilah ke safron city

SAFRON CITY
- pergi ke rumah cewek Mimic. Dia berada di lantah 2..bicara padanya dan dia akan memintamu untuk mencarikan bonekanya yg hilang.. Untuk mencari boneka,pergi ke vermilion city

VERMILION CITY
- pergi ke rumah pecinta pokemon,bicaralah pada orang gendut di samping boneka dan dia akan memberimu boneka itu. Kembali ke rumahnya cewek Mimic dan berikan boneka itu padanya dan kamu akan di beri PASS TICKET. Sekarang kamu bisa menaiki magnet train sesukamu.
- sekarang waktunya untuk mencari gym leader Misty. Jalan lurus ke utara kemudian belok ke timur dan kamu akan berhadapan dengan 7 trainer. Setelah mengalahkan mereka semua kamu akan di beri NUGGET oleh Cooltrainer kevin. Jalan terus ke timur dan kamu akan menemukan misty sedang berpacaran. Setelah bicara dengan dia,dia akan kembali ke gym.
- kembali ke cerulean city dan pergilah ke gym. Setelah kamu berhasil mengalahkan misty,kamu akan mendapatkan $4700 dan CASGADE BADGE.
- surf di deket cerulean cave,gunakan item finder untuk mendeteksi,jika berhasil kamu akan menemukan BARSERK GENE.
- lanjutkan perjalanan menuju route 5,masuk ke sebuah rumah dan kamu akan di beri CLEANSE TAG. jalan ke selatan menuju saffron city dan lanjutkan ke timur menuju Lavender town

LAVENDER TOWN
- pergi ke radio tower dan bicara pada salah seorang di dalamnya,kamu akan di beri EXPN CARD. Sekarang kamu bisa memutar radio untuk kawasan kanto.
- pergi ke selatan lavender town dan masuklah ke rumah fishing guru,dia akan memberimu SUPER ROD. Pergi lagi ke selatan dan kamu akan menemukan NUGGET
- lanjutkan perjalanan menuju celladon city

CELLADON CITY
- pergi ke gym dan kalahkan Erika,kamu akan mendapatkan $4700, TM19 - GIGA DRAIN dan RAINBOW BADGE.
- jika kamu pergi ke celladon mansion pada malam hari,kamu akan menemukan TM03 - CURSE
- lanjutkan perjalanan menuju fuchsia city

FUCHSIA CITY
- pergi ke gym,,untuk sampai ke gym leader Janine,mulai langkahmu dari sisi kanan,jalan lurus ke atas,belok ke kiri kemudian turun ke bawah. Setelah mengalahkan Janine kamu akan mendapatkan $3900, TM06 - TOXIC dan SOUL BADGE
- lanjutkan perjalanan menuju diglet cave di vermilion city

DIGLET CAVE
- buka pokegear,aktifkan radio di saluran Poke Flute(bar paling kanan), dekati snorlax dan tekan A. Kamu akan bertarung dg snorlax dan usahakan kamu menangkapnya,karena snorlax cuma ada satu.
- masuk ke diglet cave dan telusuri goanya,kamu akan sampai di Pewter city.

PEWTER CITY
- pergi ke gym dan kalahkan Brock,kamu akan mendapatkan $4200 dan BOULDER BADGE
- bicara pada kakek di pewter city dan kamu akan di beri SILVER WING untuk menangkap lugia di whirl island.
- jika kamu pergi ke Mt.moon pada senin malam,kamu akan menemukan clefairy yg sedang menari2 memutari sebuah batu dan setelah kamu dekati maka clefairy tsb akan pergi. Dekati batu itu dan tekan A,kamu akan mendapatkan MOON STONE.
- lanjutkan perjalanan ke selatan sampai kamu tiba di cinnabar island.

CINNABAR ISLAND
- setelah sampai di cinnabar island,lanjutkan perjalanan menuju seafoam island

SEAFOAM ISLAND
- temui gym leader Blaine dan kalahkan dia. Kamu akan mendapat $5000 dan VOLCANO BADGE
- lanjutkan perjalanan menuju viridian city untuk mendapatkan badge terakhir

VIRIDIAN CITY
- bicara sama orang gendut disini dan kamu akan di beri TM42 - DREAM EATER
- jangan lupa pergi ke trainer house dan kalahkan trainernya
- pergi ke gym dan kalahkan Gary. kamu akan mendapatkan EARTH BADGE. Sekarang semua badge sudah kamu dapatkan.
- lanjutkan perjalanan menuju pallet town

PALLET TOWN
- pergi ke laboratorium prof.oak dan bicara dengannya. Maka dia akan membukakan pintu menuju Mt.silver
- lanjutkan perjalanan menuju indigo plateau lewat viridian city karena sekarang pintunya sudah kebuka. Dan lanjutkan ke Mt.silver

MT.SILVER
- masuk di sebuah rumah di timurnya pokecenter dan kamu akan di beri TM47 - STEEL WING
- telusuri mt.silver sampai ke ujung goa dan kamu akan menemukan si Red. Sebelum bertarung dg Red,usahakan kamu sudah membawa item2 penyembuhan di pack kamu,dan usahakan 6 pokemonmu sudah berlevel 60 karena pokemon2 Red lumayan kuat2.
- THE END

=KANTO REGION SELESEAI=

>>>Tambahan:
- pergi ke whirl island untuk menangkap Lugia. Lugia berlokasi di goa nomor 3 dari kiri.
- setelah menangkap 3 anjing legendaris(entei,suicune,raikou) pergi ke tin tower. Kamu akan di beri RAINBOW WING untuk menangkap Ho-oh. Ho-oh berlokasi di atap dari tin tower.

===SELESAI===

credit: sambidoplang.heck.in

2 comments:

Unknown said...

Cara mendapatkan pikachu gimana sih gan ?

Unknown said...

Gan, kalau udah lawan red dan kumpulin 7 bola naga, eh maksud saya 4 pokemon legendari beserta ho-oh, apa lagi yang harus di kerjakan gan ?